Friday, June 29, 2012


Manusia Dan Kebudayaan

Assalamu'alaikum WR WB
Sebelumnya marilah kita kenal tentang hubungan manusia dan kebuadayaan. Manusia dan kebudayaan sangat erat terkait satu sama lain. Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari-hari dan juga dari kejadian-kejadian yang sudah diatur oleh Sang Pencipta.

            Budaya tercipta/terwujud merupakan hasil dari interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di alam raya ini. Manusia di ciptakan oleh tuhan dengan dibekali oleh akal pikiran sehingga mampu untuk berkarya di muka bumi ini dan secara hakikatnya menjadi khalifah di muka bumi ini.  Di samping itu manusia juga memiliki akal, intelegensia, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, fantasi dan perilaku.Dengan semua kemampuan yang dimiliki oleh manusia maka manusia bisa menciptakan kebudayaan. Ada hubungan dialektika antara manusia dan kebudayaan. Kebudayaan adalah produk manusia, namun manusia itu sendiri adalah produk kebudayaan. Dengan kata lain, kebudayaan ada karena manusia yang menciptakannya dan  manusia dapat hidup ditengah kebudayaan yang diciptakannya. Kebudayaan akan terus hidup manakala ada manusia sebagai pendudukungnya Manusia.

           Singkat cerita tentang gw dan budaya. Gw asli keturunan indonesia. Bokap gw asli betawi dan nyokap asli medan atau Batak. Jadi gw hidup diantara 2 keluarga yang berbeda adat bahkan pulau haha. Perpaduan 2 kultur budaya ini membuat gw juga makin mengenal budaya kedua orang tua gw. Hal ini membuat gw lebih tau apa2 saja yang bisa orang2 dari daerah itu inginkan.
           Hal ini juga membuat gw lebih memahami orang lain jika dia berasal dari jakarta ataupun medan. Mengenal budaya itu membuat kita semakin menjadi satu dengan yang lain. Ini juga dapat mengurangi perselisihan serta dapat membuat kita lebih mudah mengenal orang lain. Thanks for read my culture hahaha ^^.
                                                                      Wassalamualaikum WR WB

No comments:

Post a Comment