Friday, June 29, 2012


Manusia dan Keadilan

Assalamu'alaikum wr.wb
      Sebelumnya mari kita ketahui dulu apa itu keadilan. keadilan berasal dari kata adil, Keadilan menurut Aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan diartikan sebagai titik tengah antara kedua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung ekstrem ini menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing orang harus memperoleh benda atau hasil yang sama, kalau tidak sama, maka masing – masing orang akan menerima bagian yang tidak sama, sedangkan pelangggaran terjadap proporsi tersebut disebut tidak adil.
     Sedikit cerita dari gue tentang keadilan. Pada waktu kecil, gue sering banget bertengkar dengan saudara gw yang cowo. Ya dia memang menyebalkan sekali. Bisa dibilang dia orang yang susah untuk diingatkan. Sehingga kalau sudah kesal, gw langsung berkelahi dengan dia. Sebenarnya masalahnya hanya hal-hal yang sepele, tetapi karena bikin gw “gondok” makanya langsung hajar aja hahaha. Ya tapi itu hanyalah sebuah permulaan. Saat sudah selesai berkelahi, pasti ortu ikut campur tangan. Well, sebagai anak yang paling tua, secara langsung gw lah yang kena omel orang tua, kena hajar orang tua, kena banyak dah huhu.
Disitu gw merasa mereka gak adil. Padahal gw sebagai abangnya hanya mau mengingatkan dia. Memang sih harusnya gak usah berkelahi, tapi karena gw juga orangnya emosian ( keturunan nyokap) makanya gw sering kepancing. Dan gak jarang juga kalu gw udah berantem tuh ngundang tetangga makan2 eh maksudnya ngundang tetangga untuk melerai gw dan adek gw. >.<
      Ironisnya, hal yang seperti itu selalu diulang2 oleh adek gw. Gw merasa kalau apa yang diberikan oleh orang tua ke gw gak sebanding sama yang diberikan ke dia. Gw disuruh ngepel, nyapu, nyuci, sementara dia hanya duduk2 sambil nonton tv, tidur malah. Hal ini yang buat gw kesel sama dia. Menurut gw, gak peduli siapa, didalam sebuah keluarga harus ada saling tolong menolong. Gak di bebankan oleh seseorang saja. Makanya disini gw bener2 ngerasa kalau bokap nyokap tuh gak pernah adil sama gw.
       After all, gak semuanya buruk juga kok. Dari situ gw belajar sebagai anak laki-laki yang paling tua, gw dituntut untuk menjadi seorang pemimpin jika bokap lagi gak ada. Gw juga diajarkan untuk bertanggung jawab akan segala hal yang gw lakukan. Lambat laun gw pun juga sadar bahwa semua yang gw laluin itu adalah pembelajaran buat gw. Memang harus adil, tetapi adil itu juga mempunyai tempatnya sendiri. Dan hal itu membentuk pribadi gw yang harus lebih bertanggung jawab dan juga lebih bersikap adil
Yaaa adil itu menyenangkan menurut gw. Mungkin dalam keluarga gw, gw lah yang sering disuruh inilah disuruh itulah, tetapi disamping itu juga bokap nyokap justru paling gampang mengabulkan permintaan gw dari pada adek2 gw :P . makanya bagi gw adil itu indah. Karena apa yang kita lakukan, maka itulah yang akan kita dapat nanti.
      Yap, adil itu hanyalah milik Tuhan semata. Hanya Dia-lah yang bisa berlaku adil kepada setiap hambanya. Manusia bisa berbuat adil, tapi hanya berdasarkan pada pandangannya sendiri. Sejujurnya seadil2 manusia, dia tak akan pernah bisa berbuat adil terhadap orang lain.
                                               Wassalamualaikum WR. WB

1 comment: