Perubahan dan perkembangan Organisasi
Dalam sebuah
organisasi, perubahan dan perkembangan itu adalah sesuatu yang mutlak dan
diharuskan agar organisasi tetap berjalan. Perubahan dan perkembangan
organisasi wajib menuju ke hal yang lebih baik sehingga organisasi tidak
runtuh. Tapi terkadang, dalam organisasi terdapat sistem-sistem yang tidak
bekerja dengan baik sehingga organisasi itu tidak berkembang, mungkin malah
jatuh. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang perubahan dan
perkembangan organisasi.
FAKTOR-FAKTOR
PERUBAHAN ORGANISASI
Di dalam sebuah perubahan dan
pengembangan tentu dapatlah terjadi pada apapun dan siapapun tidak terkecuali
dengan suatu bidang organisasi. Namun, tidak banyak individu atau organisasi
yang menyukai adanya perubahan, namun perubahan tidak dapat dihindari namun
harus di hadapi secara lantang dan berani.
Faktor perubahan dalam suatu organisasi dapat terjadi
karna 2 faktor, yaitu :
1. Faktor internal
Merupakan suatu faktor yang segala keseluruhan faktor
yang ada di dalam organisasi dimana faktor tersebut dapat mempengaruhi
organisasi dan kegiatan organisasi tersebut yang bersangkutan.
2. Faktor eksternal
Merupakan segala keseluruhan faktor yang ada di luar
organisasi yang dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Beberapa
faktor tersebut antara lain : Politik, Hukum , Kebudayaan, Teknologi, Sumber
alam, Demografi dan sebagainya.
Tahapan
Proses Perubahan Organisasi
Ada beberapa tahapan dari proses perubahan suatu
organisasi, contoh :
1. Karena ada tekanan & desakkan, dimana yang
dimaksud di sini adalah, tekanan & desakkan dari pihak luar atau dalam
untuk mengembangkan suatu organisasi agar mau berkembang dan berjalan lebih
maksimal.
2. Interfrensi & Reorientasi biasanya melibatkan
orang lain untuk mengelola, dimana dibutuhkan pengenalan kembali agar
mengingatkan apa yang telah dicapai dan apa yang masih harus menjadi misi untuk
mencapai visi suatu organisasi tersebut.
3. Diagnosa & Pengenalan masalah, dimana di sini
berusaha ditemukan, apa yang menjadi sebab, dana mengakibatkan apa, serta
bagaimana cara Organisasi tersebut memecahkan suatu masalah dengan baik.
4. Penemuan & Komitmen dari penyelesaian, setelah
menemukan suatu hal yang baru terhadapa penyelesaiaan masalah, maka akan
didaptkan komitmen baru, dimana harus dijalankan, agar seseuatu kegagalan di
masa lampau tidak terulangi lagi di masa depannya.
5.Percobaan & penerimaan hasil, dimana setelah kita
melakukan percobaan suatu yang baru, kitapun harus dapat menerima hasilnya, dan
mereview kembali agar kita mengetahui dimana cacatnya suatu cara tersebut dan
memodifikasi kembali agar perubahan itu menjadi lebih baik dan sesuai dengan
yang diharapkan.
Ciri-ciri
Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi yang efektif memiliki ciri-ciri
sebagai berikut :
1. Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan
perubahan organisasional, yang memiliki sasaran jelas berdasarkan diagnosa yang
tepat dan akurat tentang permasalahan yang dihadapi oleh suatu organisasi.
2. Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan
terkena dampak perubahan yang akan terjadi terhadap suatu organisasi.
3. Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk
meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam
organisasi.
4. Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan
potensi manusia menjadi bagian terpenting.
5. Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu
memperhitungkan pentingnya interaksi, interaksi dan interdependensi antara
organisasi sau dengan organisasi yang lainnya.
6. berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di
suasana yang utuh.
7. Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan
efektivitas organisasi.
Metode pengembangan
organisasi
1. Metode Pengembangan
Perilaku
Metode
pengembangan perilaku atau Behavioral Development Methode merupakan metode yang
berusaha menyelidiki secara mendalam tentang proses perilaku kelompok dan
individu. Hal itu dapat dilakukan dengan mempergunakan berbagai cara.
Macam-macamnya :
1.
PROGRAM GERADI MANAJEMEN
Program yang mengkombinasikan pelatihan kepemimpinan
dan latihan pengembangan kelompok.
2.
PEMBINAAN TIM
Suatu tehnik manajemen yg mencakupkan sejumlah metode
spesifik untuk membentuk kerja tim yang
efektif, baik didalam maupun di antara
kelompok kerja.
3.
PERENCANAAN KEHIDUPAN
Suatu metode pengembangan yg mendorong dan
memungkinkan orang orang memainkan
peran aktif dalam memadukan karier dan
aktivitas kehidupan mereka kearah hasil yang memuaskan
4. PELATIHAN KEPEKAAN
Metode yang diterapkan secara luas untuk membantu orang
orang mempelajari cara peningkatan
ketrampilan antar pribadi mereka.
2. METODE PENGEMBANGAN
STRUKTUR
1. MANAJEMEN BERDASARKAN SASARAN/MANAJEMEN
BY OBJECTIVE (MBO)
Membantu menyediakan wewenang lebih besar bagi
setiap orang untuk menentukan tujuan
pekerjaan mereka
2.
SISTEM 4
Merupakan pendekatan yg diterapkan secara luas untuk mengembangkan karakteristik desain organik
dalam suatu organisasi
3.
TEKNOLOGI DESAIN MAPS(multivariate analysis)
Metode mendesain organisasi berdasarkan hubungan yg dipandang perlu untuk melaksankan tugas
individu
Sumber :
No comments:
Post a Comment